RSS
 

Telur, Makanan Anti-Obesitas dan Penangkal Kanker

15 Mar

Telur seharusnya dipertimbangkan menjadi “makanan super”. Selain meningkatkan kebugaran dan kesehatan, telur juga dapat mencegah seseorang terkena obesitas.

Pakar nutrisi mengungkapkan, telur merupakan satu dari sekian banyak makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari guna mendapatkan manfaat maksimal.

Sebelumnya, riset yang dipublikasikan Jurnal Nutrition and Food Science pada Juni mendatang ini menganalisa 71 laporan riset dan dokumen referensi yang membahas tentang nutrisi yang terkandung dalam telur dan pengaruhnya terhadap diet.

Usai mengumpulkan data-data yang diperlukan, peneliti kemudian menemukan fakta bahwa telur mengandung protein tinggi dan rendah kalori. Tak hanya itu, telur juga mengandung banyak nutrien esensial yang baik untuk kesehatan, misalnya saja, vitamin D, vitamin B12, Selenium dan Choline.

Lantaran mengandung protein kadar tinggi, secara otomatis telur mengandung asam amino esential yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Kadar antioksidan di dalamnya, turut membantu mencegah terjadinya kebutaan.

Dr Carrie Ruxton, pakar nutrisi independen mengatakan manfaat kesehatan yang diperoleh ketika mengkonsumsi telur sangat luar biasa. Sudah sepantasnya telur dimasukan dalam kategori “makanan super”.

“Telur tidak hanya rendah kalori tetapi dibekali dengan nutrien esensial yang bagus untuk kesehatan. Telur merupakan makanan ideal untuk setiap jenjang usia, sama halnya dengan mudahnya telur untuk dimasak dan dinikmati,” tegasnya seperti dikutip dari dailymail.co.uk, akhir pekan lalu.

Hasil analisa juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi telur sangat bermanfaat bagi remaja, penggemar daging dan individu yang tidak suka susu. Ini karena telur merupakan sumber vitamin D dan telur secara signifikan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D. Seperti diketahui,kekurangan vitamin D beresiko mengalami gangguan kesehatan pada tulang, kanker, jantung, sklerosis, kelainan daya tahan tubuh dan gangguan mental.

Telur secara signifkikan juga membantu individu menjalani diet dan menurunkan berat badan.”Begitu banyak manfaat yang diperoleh dari telur saat dikonsumsi. “Terdapat bukti kuat yang menunjukan telur dapat memberikan rasa kenyang, kontrol berat badan, dan kesehatan mata,” ungkapnya.

“Dengan minimnya konsumsi telur, sebagian besar individu seharusnya mendapatkan manfaat yang besar,” tambahnya.

Hasil riset terakhir menyebutkan, mengkonsumsi telur satu atau dua buah perhari tidak berpengaruh terhadap kolesterol bagi sebagian individu. Fakta lain juga mencatat, pada tahun 1979, PM Inggris saat itu Margareth Thatcher berhasil menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi telur 28 buah perminggu.

Sumber: http://www.republika.co.id

 
No Comments

Posted in Healthy

 

Leave a Reply

 

Comments links could be nofollow free.

 
 
Improve the web with Nofollow Reciprocity.